Ø Penggunaan jaringan komputer
Resource sharing bertujuan untuk membuat program, perlatan dan khususnya data yang tersedia untuk siapa saja dijaringan tanpa terkait lokasi fisik sumber dan pengguna. Akan tetapi, mungkin lebih penting lagi daripada resource sharing yaitu berbagi informasi. setiap perusahaan besar dan ukuran menengah amat sangat bergantung di informasi terkomputerisasi.
Servers adalah komputer luar biasa yang menyimpan banyak data dan dikendalikan sistem administrator.
Client adalah komputer yang lebih sederhana yang mengakses data pada servers. Keduanya dihubungkan oleh network (jaringan).
Client server model sering banyak digunakan dalam suatu perusahaan. Komunikasi terjadi ketika client mengirimkan pesan ke servers melewati network. Kemudian panggilan akan diterima serves dan server memberikan pesan balasan ke client setelah terlebih dahulu memprosesnya.
Beberapa macam penggunaan internet yang populer yaitu
1. akses informasi yang jauh (Access to remote information) ,
2. komunikasi perorangan ( Person-to-person communication),
3. hiburan interaktif (Interactive entertainment), dan
4. perdagangan elektronik (Electronic commerce).
Ø Perangkat keras jaringan
Teknologi transmisi yang umum digunakan yaitu Broadcast links dan Point-to-point links. Broadcast biasanya mengalamatkan paket ke semua tujuan dengan menggunakan kode khusus. Sedangkan point to point terdiri dari beberapa koneksi mesin yang berpasangan. Transmisi point to point dari suatu pengirim ke penerima disebut unicasting.
Ø Local Area Network
Disebut LANS,yaitu jaringan milik pribadi dalam suatu bangunan untuk penukaran informasi. Lan dibedakan dari lainnya jenis jaringan dengan tiga karakteristik: ukuran, teknologi pengiriman, dan topologi.
Ada dua tipe jaringan broadcast, yaitu:
1. tipe bus dan
2. tipe ring.
Ø Metropolitan Area Networks
Metropolitan area network atau MAN adalah jaringan televisi kabel yang mencakup beberapa kota.
Ø Wide Area Networks
Wide area network atau WAN memiliki jaringan membentang sepanjang geografis, negara atau benua. Didalamnya terdapat host dan host dihubungkan oleh subnet yang dimiliki oleh penyedia jasa layanan internet.
Subnet terdiri dari dua komponen berbeda:
1. saluran transmisi yaitu penggerak data bits diantara mesin
2. elemen switching yaitu spesial komputer yang terhubung dengan tiga atau lebih saluran transmisi
Ø Wireless Networks
Ide dasarnya pada tahun 1901, fisikawan italia guglielmo marconi mendemonstrasikan ship-to-shore telegrap nirkabel, menggunakan kode morse.
Jaringan nirkabel dibagi menjadi tiga kategori utama yaitu:
1. System interconnection
2. Wireless LANs
3. Wireless WANs
Ø Home Networks
Ide dasarnya yaitu bahwa dimasa depan tersedianya jaringan didalam rumah. Masing-masing alat mampu berkomunikasi satu dengan lainnya melalui internet.
Ø Internetworks
Banyaknya jaringan di dunia meski berbeda perangkat keras dan perangkat lunak berkeinginan menghubungkan satu jaringan berkomunikasi dengan orang lain. Dengan gateway dapat membuat hubungan dan sediakan terjemahan, baik dalam syarat-syarat perangkat keras dan perangkat lunak. Kumpulan jaringan yang saling berhubungan disebut internetwork atau internet.
Ø Network Software
Konsep Layers atau level digunakan untuk mengurangi kerumitan suatu desain. lapis n di satu mesin membawa di percakapan dengan lapis n di mesin lainnya. aturan dan tata cara menggunakan di percakapan ini secara bersama mengetahui sebagai lapisan n protokol. Pada dasarnya protokol adalah persetujuan diantara perjanjian komunikasi agar terus berlanjut. Dalam mentransmisikan suatu data melalui suatu jaringan terdapat layer paling rendah yaitu physical medium. Dan diantara layer terdapat suatu interface. Layer dan protokol yang tersusun disebut arsitektur jaringan. Daftar protokol yang digunakan oleh suatu sistem tertentu, satu protokol tiap layer disebut protokol stack.
Ø OSI Reference Model
OSI adalah referensi komunikasi dari Open System Interconnection. OSI model digunakan
sebagai titik referensi untuk membahas spesifikasi protokol.
7 Layer OSI yaitu:
1. Application
Menyediakan akses ke lingkungan OSI bagi user serta menyediakan tayangan informasi terdistribusi
2. Presentation
Menyediakan keleluasaan terhadap proses aplikasi untuk bermacam representasi data (syntax)
3. Session
Menyediakan struktur kontrol untuk komunikasi diantara aolikasi-aplikasi, menentukan, menyusun, mengatur dan mengakhiri koneksi sesi diantara aplikasi-aplikasi yang sedang beroperasi
4. Transport
Menyediakan transfer data yang handal dan transparan diantara titik ujung; menyediakan perbaikan end-to-end error dan flow control
5. Network
Melengkapi lapisan yang lebih tinggi dengan keleluasaan dari transmisi data dan teknologi-teknologi switching yang dipergunakan untuk menghubungkan sistem;bertugas, menyusun, mempertahankan, serta mengakhiri koneksi
6. Data Link
Menyediakan transfer informasi yang reliable melewati link fisik; mengirim block (frame) dengan sinkronisasi yang diperlukan, kontrol error, dan flow control.
7. Physical
Berkaitan dengan transmisi bit stream yang tidak terstruktur sepanjang media physical (pysical medium); berhubungan dengan karakteristik prosedural, fungsi, elektris dan mekanis untuk mengakses media fisikal
Resource sharing bertujuan untuk membuat program, perlatan dan khususnya data yang tersedia untuk siapa saja dijaringan tanpa terkait lokasi fisik sumber dan pengguna. Akan tetapi, mungkin lebih penting lagi daripada resource sharing yaitu berbagi informasi. setiap perusahaan besar dan ukuran menengah amat sangat bergantung di informasi terkomputerisasi.
Servers adalah komputer luar biasa yang menyimpan banyak data dan dikendalikan sistem administrator.
Client adalah komputer yang lebih sederhana yang mengakses data pada servers. Keduanya dihubungkan oleh network (jaringan).
Client server model sering banyak digunakan dalam suatu perusahaan. Komunikasi terjadi ketika client mengirimkan pesan ke servers melewati network. Kemudian panggilan akan diterima serves dan server memberikan pesan balasan ke client setelah terlebih dahulu memprosesnya.
Beberapa macam penggunaan internet yang populer yaitu
1. akses informasi yang jauh (Access to remote information) ,
2. komunikasi perorangan ( Person-to-person communication),
3. hiburan interaktif (Interactive entertainment), dan
4. perdagangan elektronik (Electronic commerce).
Ø Perangkat keras jaringan
Teknologi transmisi yang umum digunakan yaitu Broadcast links dan Point-to-point links. Broadcast biasanya mengalamatkan paket ke semua tujuan dengan menggunakan kode khusus. Sedangkan point to point terdiri dari beberapa koneksi mesin yang berpasangan. Transmisi point to point dari suatu pengirim ke penerima disebut unicasting.
Ø Local Area Network
Disebut LANS,yaitu jaringan milik pribadi dalam suatu bangunan untuk penukaran informasi. Lan dibedakan dari lainnya jenis jaringan dengan tiga karakteristik: ukuran, teknologi pengiriman, dan topologi.
Ada dua tipe jaringan broadcast, yaitu:
1. tipe bus dan
2. tipe ring.
Ø Metropolitan Area Networks
Metropolitan area network atau MAN adalah jaringan televisi kabel yang mencakup beberapa kota.
Ø Wide Area Networks
Wide area network atau WAN memiliki jaringan membentang sepanjang geografis, negara atau benua. Didalamnya terdapat host dan host dihubungkan oleh subnet yang dimiliki oleh penyedia jasa layanan internet.
Subnet terdiri dari dua komponen berbeda:
1. saluran transmisi yaitu penggerak data bits diantara mesin
2. elemen switching yaitu spesial komputer yang terhubung dengan tiga atau lebih saluran transmisi
Ø Wireless Networks
Ide dasarnya pada tahun 1901, fisikawan italia guglielmo marconi mendemonstrasikan ship-to-shore telegrap nirkabel, menggunakan kode morse.
Jaringan nirkabel dibagi menjadi tiga kategori utama yaitu:
1. System interconnection
2. Wireless LANs
3. Wireless WANs
Ø Home Networks
Ide dasarnya yaitu bahwa dimasa depan tersedianya jaringan didalam rumah. Masing-masing alat mampu berkomunikasi satu dengan lainnya melalui internet.
Ø Internetworks
Banyaknya jaringan di dunia meski berbeda perangkat keras dan perangkat lunak berkeinginan menghubungkan satu jaringan berkomunikasi dengan orang lain. Dengan gateway dapat membuat hubungan dan sediakan terjemahan, baik dalam syarat-syarat perangkat keras dan perangkat lunak. Kumpulan jaringan yang saling berhubungan disebut internetwork atau internet.
Ø Network Software
Konsep Layers atau level digunakan untuk mengurangi kerumitan suatu desain. lapis n di satu mesin membawa di percakapan dengan lapis n di mesin lainnya. aturan dan tata cara menggunakan di percakapan ini secara bersama mengetahui sebagai lapisan n protokol. Pada dasarnya protokol adalah persetujuan diantara perjanjian komunikasi agar terus berlanjut. Dalam mentransmisikan suatu data melalui suatu jaringan terdapat layer paling rendah yaitu physical medium. Dan diantara layer terdapat suatu interface. Layer dan protokol yang tersusun disebut arsitektur jaringan. Daftar protokol yang digunakan oleh suatu sistem tertentu, satu protokol tiap layer disebut protokol stack.
Ø OSI Reference Model
OSI adalah referensi komunikasi dari Open System Interconnection. OSI model digunakan
sebagai titik referensi untuk membahas spesifikasi protokol.
7 Layer OSI yaitu:
1. Application
Menyediakan akses ke lingkungan OSI bagi user serta menyediakan tayangan informasi terdistribusi
2. Presentation
Menyediakan keleluasaan terhadap proses aplikasi untuk bermacam representasi data (syntax)
3. Session
Menyediakan struktur kontrol untuk komunikasi diantara aolikasi-aplikasi, menentukan, menyusun, mengatur dan mengakhiri koneksi sesi diantara aplikasi-aplikasi yang sedang beroperasi
4. Transport
Menyediakan transfer data yang handal dan transparan diantara titik ujung; menyediakan perbaikan end-to-end error dan flow control
5. Network
Melengkapi lapisan yang lebih tinggi dengan keleluasaan dari transmisi data dan teknologi-teknologi switching yang dipergunakan untuk menghubungkan sistem;bertugas, menyusun, mempertahankan, serta mengakhiri koneksi
6. Data Link
Menyediakan transfer informasi yang reliable melewati link fisik; mengirim block (frame) dengan sinkronisasi yang diperlukan, kontrol error, dan flow control.
7. Physical
Berkaitan dengan transmisi bit stream yang tidak terstruktur sepanjang media physical (pysical medium); berhubungan dengan karakteristik prosedural, fungsi, elektris dan mekanis untuk mengakses media fisikal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar